OLEH: TRIYANTO TRIWIKROMO
Akhirnya kau tahu riwayat busuk hidupmu
dari Maria. Sesaat sebelum meninggal, istri Mayor Prakosa itu
membisikkan kata- kata yang tak pernah kau duga. “Aku tak sanggup
menyimpan rahasia lagi, Rosa,” kata Maria yang setelah mendesiskan kata –
kata yang sejak dulu terkubur di hati.
Tentu kau kaget dan seperti ada ratusan
semut merah menyusup di telingamu.
Kau tak bisa menerima buncahan
perasaan perempuan sepuh yang sangat aku hormati itu. Dan rahasia itu
sungguh mencengangkan karena kau harus menjadi bunga busuk yang tanggal
dari pohon hayat yang makin rapuh.
“Aku bisa saja berdusta dan menyimpan
kebohongan ini. Hanya, sekarang tak ada gunanya lagi kusembunyikan lebih
lama kagi. Karena itu segeralah ke Plarungan. Semua teka teki hidupmu
akan terjawab di desa itu.”
Kau hendak menyangkal ungkapan perasaan
yang lebih menyerupai desis ular itu karena yakin Maria adalah perempuan
indah yang melahirkanmu. Akan tetapi nyatanya dengan dingin dia
mengatakan kau hanyalah anak yang dipungut dari sebuah desa yang
dikepung oleh hutan dan selalu ditutupi oleh kabut tebal . Kau tidak
pernah lahir dari rahimnya.
“Ibumu seorang Gerwani. Ayahmu…,” Maria tampak tak sanggup meneruskan penjelasan yang masih menggantung itu .
Dan segalanya memang masih menjadi
misteri. Maria tak pernah mengatakan siapa ayahmu karena malaikat lebih
cepat mencabut nyawanya . Karena itu kau tiba- tiba harus mencari akar
hidupmu di sebuah tempat yang asing dan jauh. Dan Maria hanya memberi
dua kata kunci : Plarungan dan Gerwani.
******
Kau kelimpungan saat itu. Tentang Gerwani
, kau hanya mengenal samar-samar ungkapan yang menjadi hantu bangsa
ini. Dari percakapan para serdadu di rumah Mayor Prakosa, kau hanya tahu
mereka hanyalah perempuan busuk yang menyilet-nyilet tubuh tubuh enam
jendral dan satu perwira. Kau bahkan mendengar dari perempuan sepuh
sebaya Maria, mereka mencungkil mata orang–orang yang tak berdaya sambil
membawakan Tarian Harum Bunga dan menyanyikan lagu “Genjer-genjer”.
Belakangan kau tahu, pada tahun 1963 lagu
itu sudah sering disiarkan oleh Radio Republik Indonesia dan Televise
Republik Indonesia. Setiap mendengar lagu yang dinyanyikan oleh Bing
Slamet di piringan hitam itu kau sangat bergairah untuk mendengarkan dan
ada dorongan untuk menirukan:
genjer- genjer
esuk esuk pating keleler
dijejer-jejer
diunting digawa neng pasar[1]
Akan tetapi kau bukan perempuan bodoh
yang begitu saja percaya kepada bisikan perempuan tua yang hendak
sekarat. Sebagai perempuan yang memuja otak, kau kemudian keluar masuk
perpustakaan dan membolak-balik buku sejarah yang tampak tak pernah
dibaca itu. Kau juga tidak henti-henti mencari berbagai kemungkianan
jawaban persoalan yang kini membelitmu lewat situs-situs sejarah.
Kau memang mendapatkan buku Penghancuran Gerakan Perempuan atau Pembantaian PKI di Jawa Dan Bali
, tetapi sama sekali tidak kau temui apapun yang berkait dengan
kehidupan ibumu. Kau pun menganggap : sejarah memang tidak memihak pada
orang–orang yang kalah. Kau juga yakin sejarah tidak akan menulis kisah
perempuan yang ditindas oleh serdadu, dimanapun itu.
Kau dapatkan juga data dan foto-foto,
serta film-film dokumenter betapa setelah Oktober 1965 , di
sungai-sungai mengapung-apung mayat perempuanan yang dibayonet atau
dijerat lehernya. Sungai jadi anyir dan amis. Sungai jadi tempat
pembuangan tubuh tubuh membusuk penuh lintah. Beberapa kuburan masal
untuk Gerwani juga sudah digali, tetapi kau juga tetap tidak menemukan
jejak ibumu. Kau tidak menemukan tanda–tanda di tubuh itu. Ya, ada
tanda-tanda khusus di leher dan paha kanan ibumu sebagai mana
diceritakan Maria kepadamu. Kaupun menduga segala jejak tampaknya
sengaja dihapus. Beberapa tubuh memang mirip ibumu , tetapi kaki
kanannya telah hilang. Kau menemukan potongan kaki itu di sebuah foto,
tetapi sama sekali tidak bertahi lalat.
Karena itu, berhari-hari setelah Maria
meninggal, kau lebih memlih menulis novel tentang percintaan perempuan
Jawa dan perempuan peranakan Tionghoa di sebuah kafe yang memungkinkan
kau menenggak bir hingga kembung dan merokok terus menerus sampai aroma
tubuhmu serupa bau asbak. Kau berusaha melupakan pencarian terhadapa
akar hdupmu, tetapi kian kau hilangkan dari ingatan, Maria seperti
bangkit dari tidur panjang, menjebol kuburan, dan melabrakmu. Dan
selalu sesudah membuncahkan amarah tak karuan, dia selalu
bilang,”Hidupmu tak akan punya makna apapun jika tak sekali saja kau
temui ibu kandungmu.”
Akan tetapi memang tidak mudah hidup
sebagi pencari tanggung yang tidak memiliki peta, rambu-rambu, atau
petunjuk yang tak pasti. Pada saat-saat semacam itu, kau ingin meniru
tokoh imajiner Octavio Paz untuk menjadi binatang saja. Kau ingin
menjadi satwa yang tidak perlu malam–malam mencari ibu yang rabun, tak
perlu berdoa pada Tuhan, atau sekedar memikirkan pada Minggu siang siapa
yang akan kau antar ke rumah sakit dan pada Minggu pagi siapa yang akan
kau ziarahi ke kuburan. Kau juga menyangka menjadi satwa purba lebih
enak karena tidak perlu menutup mata dari kilau lampu atau bias sinar
tak keruan mobil–mobil yang melaju dari kegelapan.
Dan untuk menjadi binatang yang merdeka,
kau punya kekasih yang sangat memahami keinginan-keinginan liarmu. Kau
punya Ehuang yang setiap habis bercinta, bisa mencakar atau mencambuk
punggungmu , lalu memeluk, serta memitingmu semalaman.
Kalau sudah begitu kau akan gelagapan. Kau akan berusaha mendekap apapun dan berteriak,”Ibu !Ibu!”
“Sssst…Ibumu di sini , Cintaku. Ibumu di sini ,” bisik kekasihmu dengan lembut.
Seperti biasa pelan-pelan kau seperti
terbebas dari mimpi buruk. Seperti biasa kemudian justru kau akan ganas
menjilati lidah Ehuang, mengulum bibir lembut, membelai rambut harum,
dan menyusupkan lebih dalam tubuhmu ke rengkuhan perkasa tangan
perempuan kencana itu.
Kalau sudah begitu selalu Ehuang
memintamu menggigit puting dengan keras hingga daging kenyal itu
berdarah, hingga kau merasakan sensasi anyir yang membuatmu ingin
melakukan gigitan purba itu berulang-ulang.
“Ibu! Ibu!” kau mendesis lagi.
Tetapi senantiasa tak ada jawaban.
Senantiasa Ehuang memintamu menancapkan kuku di punggung lebih dalam
..lebih dalam……hingga kalian tertidur..hingga tengah malam kau sadar
betapa Ehuang bukan ibu yang kau cari………..
“Ibumu di keheningan telingaku…,” bisik sesosok tubuh kecil menyerupaimu dalam mimpimu
sebagaimana Bima hendak menemui Dewa
Ruci, kau berjingkat–jingkat memasuki labirin telinganya yang sangat
luas dan membingungkan.,.
“Apa yang kau lihat sekarang..?”
“Aku melihat pasar yang tidak terlau riuh. Aku melihat sebuah desa berkabut di kaki sebuah gunung.”
“Itulah tempat kau dilahirkan ..’
“Apa lagi yang kau lihat?”
“Aku melihat bangunan penuh orang yang mengerang kesakitan. Tangan dan kaki mereka seperti hendak copot dari tubuh…”
“Itulah masa lalu tempat yang pernah memenjara kehidupan ibumu.”
Lalu kau melihat di bawah pohon beringin
seorang perempuan telanjang dengan tubuh penuh tato naga melambaikan
tangan kepadamu, Tetapi dia kian menjauh darimu. Kau lihat tahi lalat di
paha kanan. Kaupun berteriak,”Ibu! Ibu.”
Tak ada jawaban. Tetapi Ehuang tahu setiap kau mengigau semacam itu, dia akan kian mendekapmu.
“Aku akan meninggalkanmu untuk sementara
waktu, Cintaku. Aku akan mencari ibuku,” tiba- tiba kau mendesiskan
kata-kata yang sudah lama ingin kau katakan kepada perempuan indahmu
itu.
Tak ada jawaban. Ehuang tidak mendengarkan bisikan itu.
*****
Kau meninggalkan apartemen Ehuang saat
dia masih tertidur pulas. Sebelumnya kau melihat bekas cakaranmu di
punggungnya yang mulus dan sambil mengecup punggung itu, kau
membisikkan pesan cinta.
Kau bergegas ke pusat kota dan
membenamkan dirimu di perpustakaan. Kau acak-acak lagi semua buku
tentang Gerwani dan komunisme. Kau membaca apapun yang berkait dengan
pembuangan mayat-mayat Gerwani di sungai-sungai. Kau pandang setiap foto
yang menggambarkan penggalian kubur masal..
“ Ibu tahu Plarungan?” kau bertanya
kepada penjaga perpustakaan yang menurut anggapanmu tahu segala apapun
yang tersurat dan tersirat di dalam buku. Perempuan itu menggeleng.
“Tetapi mungkin aku tahu apa makna Plarungan.”
“Ia semacam surga atau hutan gaib?”
Perempuan itu menggeleng lagi.
“Ia semacam tempat pembuangan atau neraka mengerikan ?”
Perempuan itu mengangguk. Kau pun bertanya makna anggukannya itu.
“Plarungan berasal dari kata larung
artinya menghanyutkan. Jika sebuah tempat diberi nama Plarungan bukan
tidak mungkin kawasan itu pernah digunakan untuk menghanyutkan sesuatu…”
“Menghanyutkan mayat?”
“Bisa saja.”
“Menghanyutkan Gerwani?”
“Kenapa tidak?”
Lalu bersama penjaga perpustakaan itu
kaupun mengira-ngira dimana letak daerah itu. Menilik asal–usul kata
Plarungan kalian menduga kawasan itu berada di Jawa Tengah. Mungkin
tidak jauh dari Semarang. Mungkin tidak jauh dari Pekalongan. Mungkin
hanya beberapa kilo meter dari Kendal atau Batang. Tetapi tetap saja
pencarian siang itu menghadapi jalan buntu. Kau tetap tidak menemukan
kota itu di peta.
Untunglah pada saat hampir putus asa, kau menemukan Kisah Lima Tapol Perempuan yang ditulis oleh pengarang tak terkenal, Genjer Wangi. Ini jelas nama samaran. Nama yang sangat subversif . Kau tidak peduli pada nama itu. Kau terpaku pada halaman 225.
…….Di
kamp mengerikan itu dia hamil. Karena istri sang komandan kasihan pada
perempuan tapol cantik ini, begitu lahir bayi itupun diadopsi. Nama bayi
Gerwani itu Sekar Arum, bunga yang wangi.
Kau terpekik. Kau langsung mengira kaulah
bayi Gerwani itu. Hanya kau tetap saja tidak menemukan nama Plarungan
di kawasan manapun. Ketika memutuskan menghentikan pencarian , kau
menemukan kawasan yang mirip dan kau berpikir jangan- jangan kini nama
itu sudah berubah. Kaupun mulai membaca deskripsi daerah itu.
…Desa itu berada di kaki Gunung Melati yang diapit oleh Gunung Senja di jajaran Pegunungan Kabut………….
Kau mulai merasakan menemukan akarmu.
Tetapi kau juga merasa bakal sulit mencapai kawasan itu . Kau keder
begitu sampai halaman 3 buku yang sampulnya sudah hilang itu.
……Desa itu bisa ditempuh selama sekitar tiga jam perjalananan dengan mobil dari arah stasiun Tawang. Banyak tanjakan
curam dan tajam, melingkar-lingkar seperti labirin yang menyesatkan.
Jika tidak berhati-hati, para pejalan kaki itu akan dimangsa macan
tutul. Jurang dan ngarai juga mengancam. Jalanan sepi dan penduduk
setempat menyebut seluruh kawasan itu sebagai Kuburan Celeng……
Tetapi akhirnya muncul satu kesimpulan:
ada atau tidak ada desa Plarungan , kau kan tetap mencarinya. Kau
memutuskan naik kereta api ke Semarang malam itu. Kau pun merasa
melakukan pencarian paling suci pada akarmu.
Di peron stasiun Senen, sambil memeluk Ehuang, kaubilang ” Aku akan menemukan desa itu, Cintaku, aku akan menemukan ibuku.”
Ehuang tak percaya kau bisa meninggalkan
dia malam itu. Perih di puting yang hampir tanggal masih terasa, juga
pelukan, cakaran cinta di punggung, dan gigitan di leher tak bisa
dilupakan begitu saja.
Kau mengecup kening Ehuang dan berkata
kau tidak akan lama meninggalkannya. Dengan kiasan asal–asalan kau
bilang pada Ehuang, “ Aku tak ingin menjadi bunga busuk, Cintaku, aku
harus mencari pohonku, aku harus mencari pohonku, aku harus mencari
tangkai indah yang menyegarkanku…”
Ehuang terus menatapmu. Dia ingin
memelukmu sekali lagi dan tak hendak melepaskan hingga fajar, hingga
pagi. Mungkin dia tahu perjalanan panjangmu hanya kan menjadi
penjelajahan sia– sia. Hanya akan menjadi kisah pencarian cinta yang
tidak akan menemukan apa-apa.
“Kau akan segera pulang kepadaku, Cintaku, kau akan segera pulang padaku…”***
[1] Catatan: Genjer-genjer pada pagi buta berhamparan dijejer-jejerkan dan diikat-ikat dibawa ke pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tulis komentar anda , untuk menambah dan memperbaiki kualitas blog kami